Saturday, April 17, 2010

Antara Within Temptation dan AKU




Sekilas tentang WT

Within Temptation
'MOTHER OF DUTCH EARTH' SYMPHONIC GOTHIC METAL BAND

Within Temptation merupakan band Symphonic Metal yang berasal dari negeri kincir angin (Belanda) dibentuk pada tahun 1996,oleh sang gitaris Robert Westerholt dan sang vokalis Sharon den Adel. Band ini pada awalnya aktif di panggung musik underground, mereka menjadi tenar di kalangan underground sejak merilis album Enter (1997). Album Mother Earth yang mengandalkan single Ice Queen menjadikan band ini terkenal di semua kalangan, album ini menduduki nomor 2 di jumlah penjualan di Belanda. Selanjutnya album The Silent Force (2004) dan The Heart Of Everything (2007) selalu menduduki no 1 di chart Belanda. 

Kesuksesan album Mother Earth membuat Sharon meninggalkan pekerjaannya sebagai desainer di sebuah perusahaan fashion.
Kehebatan band ini adalah pada gaya bermusik yang melodius, gelap, diperkuat oleh vokal Sharon den Adel yang bisa menghentak penuh power, namun juga sendu dan menyayat. Sharon mampu bertutur tentang sebuah mitos dengan kalem seperti pada "In Perfect Harmony" (Album Mother Earth - 1998), berteriak perkasa penuh semangat pada "Stand My Ground" (Album The Silent Force - 2004), merintih penuh penderitaan di lagu "Frozen" (Album The Heart of Everything - 2007), atau menangis menyayat pada "Forgiven" (Album The Heart of Everything - 2007). Penulisan lirik yang menarik juga turut menjadi daya tarik Band Gothic terkemuka Belanda ini. Umumnya liriknya bercerita tentang legenda-legenda, sampai pencarian makna diri, kerinduan dan cinta kasih digambarkan dari sisi yang unik. Saya selalu terharu biru menyimak beberapa liriknya yang menggambarkan kerinduan yang amat sangat pada orang yang dicintai...

Please say my name
Remember who I am
You will find me in the world of yesterday
You drift away again
Too far from where I am
(Say My Name)

Why have you waited to embrace me, my dear?
Cold is your silence, denial what is real
I'm still wondering why I'm still calling your name, my dear...
(The Cross)

Can you still see the heart of me?
All my agony fades away
When you hold me in your embrace...
(All I Need)

I've been so lost since you've gone
Why not me before you?
Why did fate deceive me?
(Forgiven)

Meskipun baru Album The Heart of Everything yang dirilis di Indonesia, namun penggemar gothic nampaknya tidak kesulitan untuk mendapatkan kaset dan CD Within Temptation lainnya. Sebagai info tambahan, WT akan merilis album baru akhir Oktober ini berjudul "An Accoustic Night at a Theatre" dengan lagu baru berjudul "Utopia". (sumber : http://id.shvoong.com/entertainment/music/1931310-temptation-mother-dutch-earth-symphonic/)

Perkenalan dengan WT mank lom begitu lama, sekitar 4 tahun silam. Pas pertama dengerin wah langsung nyambung, selain musik2nya gothic banget, lirik2nya memank sesuai banget dengan suasana hati saya pada saat itu.. Bahkan lagunya yang "memories" hampir tiap hari selalu mampir d telingaku... hmm dalam banget boo maknanya. Lagu2 WT sangat mewakili perasaanku, meskipun ada beberapa lagunya yang mengandung hadloroh seperti jilian (I'd give my heart), overcome, dll.

Lagu2 mereka untuk d Indonesia memank tak selaris, ST 12, UNGU, PETERPAN, atau lainnya yg sering d putar dan masuk tangga lagu MTV, maupun radio2 terkemuka d Indonesia. Seumur2 ku dengar lagu WT d putar oleh pihak lain (selain aku) baru 3 kali.. Pertama pas ikut "pelatihan desain grafis d UII (Universitas Islam Indonesia) yg pada saat itu d adakan oleh para syabah, kedua d warnet dekat kampus (lagu: stand my ground), dan terakhir d MATOS (Malang Town Square) (memories)... D MATOS, D putar d sebuah cafe yang semuanya d desain se "gelap" mungkin kalau gak ingat baju dah ikut nongkrong d situ kali yah.. (heheh gak lah yaow... amit2)...

Music, lirik, Suara dan yang membuat mata gak bosan2 liat.. si Sharon itu loh, cantik banget.. terlihat anggun dengan balutan GAUN hitam, putih dan terkadang merah... 8->, tapi sayang cantik2 jadi bahan bakar api neraka. Karenanya sempat terpikir olehku bagaiamana menjadikan dia seorang MUslimah apalagi kalo sampai jadi pejuang Syari'ah dan Khilafah... (antara impian dan khayalan..). Nantikan lirik lagu2nya bisa mabda'i (ber-ideologikan Islam).

Pokoke lagu2nya WT sesuai dengan karakter ku banget, selama ini gonta-ganti aliran musik (khusus musik konvensional), mulai dari pop, R & B, Slow Rock, khusus yg underground wa bil khusus black metal kek teratai hitam (Indonesia), Total tragedy (Indonesia), dan lain2 suka denger2 doank tapi gak begitu suka... kalo Cradle of Filth gak begitu suka soale lagu2 n video klipnya kental banget ma Satanismenya... paling suka ma nymphetamine nya doank itupun karena ada sentuhan lembut dari suara milik si vokalis ceweknya... sehingga gak begitu terkesan garang.

Well, kok aku jadi tertarik dengan dunia mereka... penasaran ingin mempelajari lebih jauh, dan perlu d ingat, aku hanya penikmat mengenai paham2nya yah jelas bertentangan dengan ideologi yg ku anut...

Hmmm, sebenarnya aku bukan pengamat lagu, kuliahpun gak ngambil dunia satra.. aku bicara soal musik pure lahir dari seleraku dalam bermusik, jauh dari teori2 seperti yg d kemukakan oleh para ahli music ataupun para musisi, gak ada satupun alat musik yg bisa ku mainkan paling acapella (itupun ancur) dan rebana, maklum mantan artis qasidah tingkat RT (wkwkwkw)


Memories

In this world you tried,
Not leaving me alone behind.
There's no other way,
I pray to the gods let him stay.
The memories ease the pain inside,
And now I know why.

All of my memories keep you near.
In silent moments,
Imagine you'd be here.
All of my memories keep you near,
In silent whispers, silent tears

Made me promise I'd try,
To find my way back in this life.
Hope there is a way,
To give me a sign you're okay.
Reminds me again it's worth it all,
So I can go home.

All of my memories keep you near.
In silent moments,
Imagine you'd be here.
All of my memories keep you near.
In silent whispers, silent tears.

Together in all these memories,
I see your smile.
All of the memories I hold dear.
Darling you know I'll love you,
Til the end of time.

All of my memories keep you near
In silent moments,
Imagine you'd here.
All of my memories keep you near,
In silent whispers, silent tears.

4 comments:

  1. gw jga suka.pas sma selera gw

    ReplyDelete
  2. maaf... mau tanya tau cerita/sejarah yang ada di video klip within temptation yang stand my ground itu gk ya ??? aku ngerasa dejavu... rasanya pernah baca cerita kaya gitu

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan pesan

Template by:

Free Blog Templates